Workshop Implementasi LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Pendidik Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Yulianti Universitas Lampung
  • Rochmiyati Rochmiyati Universitas Lampung, Indonesia
  • Pramudiyanti Pramudiyanti Universitas Lampung, Indonesia
  • Muhammad Mona Adha Universitas Lampung, Indonesia
  • Isnawati Isnawati Universitas Lampung, Indonesia
  • Anadya Tri Sabrini Universitas Lampung, Indonesia
  • Fitriadi Fitriadi Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsi.v3i2.42

Keywords:

Workshop, LKPD, Problem Based Learning

Abstract

Peran pendidik adalah ujung tombak program pendidikan, karena pendidik merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan aktif atau tidaknya pembelajaran di sekolah-sekolah dunia pendidikan. Pendidik diharapkan mampu mengidentifikasi metode pembelajaran dan mampu menciptakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang bermanfaat mendukung kegiatan belajar. Tujuan kegiatan workshop ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang pengembangan LKPD berbasis PBL di SDN Se-gugus Raden Intan Kecamatan Candipuro Lampung Selatan. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 6 bulan yang diikuti oleh pendidik se-gugus Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. Metode pelatihan yang akan digunakan adalah workshop dan praktek terbimbing. Rancangan evaluasi kegiatan dilakukan dengan 2 cara yaitu evaluasi pemahaman peserta dan evaluasi keterampilan peserta. Evaluasi pemahaman peserta didasarkan pada nilai pretest pada awal kegiatan dan postest diakhir kegiatan. Evaluasi keterampilan peserta didasarkan pada kriteria penilaian kinerja peserta selama proses workshop berlangsung. Keberhasilan peserta akan dinyatakan berdasarkan standar penilaian dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Downloads

Published

2022-09-24