Peningkatan Kapasitas Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Kompunikasi pada Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah I Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung
DOI:
https://doi.org/10.23960/jsi.v2i1.30Keywords:
Peningkatan Kapasitas Guru, Penguasaan Teknologi Informasi, Kelompok Kerja Madrasah TsanawiyahAbstract
Wabah covid-19 memberikan dampak terhadap aktivitas sosial, budaya, keagamaan hingga ekonomi dan pendidikan. Kegiatan pembelajaran terhenti, karena siswa dan guru tidak ke sekolah. Kebijakan yang dilakukan adalah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran jarak jauh salah satunya adalah dengan melakukan pembelajaran daring. Kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan guru kunjung dirasa kurang efektif karena sangat rawan melanggar protokol kesehatan, sedangkan kegiatan pembelajaran daring pun tak kalah sulitnya karena adanya berbagai kendala teknis mulai dari kepemilikan gawai, tersedianya jaringan internet dan kuota, juga softskill dalam mengoperasikan gawai tersebut.
Tersedia berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunkasi yang berbayar maupun yang gratis, namun kapasitas sumber daya manusia (guru) dirasa masih rendah. Sehingga layanan yang tersedia ini belum termanfaatkan dengan maksimal.
Melihat kondisi ini diperlukan peningkatan kapasitas guru dalam memanfaatkan Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.