Konseling Karir Virual untuk Meningkatkan Kematangan Karir Kelas XII di Masa Pandemi

Authors

  • Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsi.v2i1.20

Keywords:

Layanan Konseling, Karir Development, Virtual, Pandemi Covid-19

Abstract

Kematangan karir pada siswa biasanya dihubungkan dengan kesiapan memasuki perguruan tinggi, pengetahuan tentang pilihan program studi di perguruan tinggi, pengetahuan tentang dunia pekerjaan, dan informasi – informasi yang berkaitan dengan dunia perguruan tinggi dan pekerjaan lainnya. Kondisi yang tidak menentu akibat Covid-19 ini menjadikan siswa memiliki kebingungan dalam menentukan kariernya, sehingga menjadikan siswa memiliki kematangan karir yang rendah. Padahal sangat penting bagi siswa memiliki kematangan dalam karirnya, karena hal tersebut berkaitan erat dengan karir masa depan siswa itu sendiri. Kondisi ketidakmatangan karir ini tampak pada beberapa siswa SMA Kelas XII SMA Negeri 1 Sedayu yang ditandai dengan tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan kemampuan yang dimiliki, masih ragu untuk melanjutkan kuliah karena kondisi perekonomian kedua orangtuanya yang menurun terdampak pandemi Covid-19. Di lain sisi, siswa – siswa tersebut juga sangat khawatir jika ingin bekerja tidak adanya lowongan kerja setelah lulus karena maraknya PHK. Oleh karena itu, ketidakmatangan karir ini perlu diatasi melalui program “Konseling Karir Virtual Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas XII Sma Negeri 1 Sedayu Di Masa Pandemi Covid-19”. Konseling karir secara luas digunakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa sehingga performance belajarnya prima. Sementara tujuan spesifik konseling karir adalah membantu siswa mengambil keputusan berkaitan dengan pilihan – pilihan karir setalah lulus SMA. Sementara itu, dipilihnya media virtual ini karena menurut Connolly & Stansfield (2006), saat ini penerapan teknologi dalam pendidikan telah memasuki generasi keenam, yang merupakan generasi ketiga dari e-learning. Generasi ini dikembangkan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif yang didasarkan pada epistimologi konstruktivisme yang mendorong praktek refleksi melalui alat-alat seperti e-portfolio dan online-communities. Luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah artikel ilmiah dan video konseling karier.

Keywords: Layanan Konseling, Karir Development, Virtual, Pandemi Covid-19,

Downloads

Published

2021-12-30